By: Wahyu Ekawati
Abstrak
Penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa SMP Negeri 3
Tanggul-Jember kususnya menulis paragraf deskriptif melalui pembelajaran berbasis
proyek dikarenakan kemampun menulis mereka yang kurang dalam empat aspek
menulis yaitu pengaturan paragraf atau organisasi, perbendaharaan kata, tata
bahasa, ejaan dan tanda baca.
Penelitian ini
menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang melibatkan dua
guru bahasa Ingris dari sekolah dimana penelitian ini dilaksanakan; mereka
adalah peneliti sendiri dan koleganya. Dua siklus diimplementasikan melalui
empat langkah yang meliputi kegiatan merencanakan, mengimplementasikan,
mengobservasi dan merefleksi pada setiap siklusnya. Data yang diperoleh melalui
beberapa instrumen seperti: (1) pengecek proyek siswa, (2) catatan lapangan,
(3) laporan kemajuan proyek, (4) portofolio siswa, (5) pedoman pengamatan, dan
(6) kuesioner, dianalisa dengan mendeskripsikan semua kejadian dan peristiwa
yang berhubungan dengan pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek dalam
pelajaran menulis paragraf deskriptif yang dilaksanakan dalam empat pertemuan
didalam kelas pada jam sekolah dan diluar kelas setelah pulang sekolah pada
setiap siklusnya.
Hasil penelitian
menunjukkan bahwa melalui implementasi pembelajaran berbasis proyek dalam dua
siklus, kemampuan menulis siswa kelas 8E SMP Negeri 3 Tanggul-Jember pada tahun
pelajaran 2008/2009 khususnya dalam menulis paragraf deskriptif bisa
ditingkatkan. Hal ini ditandai dengan meningkatnya jumlah siswa yang mencapai
tingkat kemampuan baik menjadi 37 siswa dari 40 siswa atau 92.5 %. Peningkatan
ini dicapai melalui dua tahap dalam setiap siklusnya, yaitu: (1) tahap persiapan
yang meliputi persiapan proyek dan bahasa yang dibutuhkan, dan (2) tahap
penyelesaian yang mengunakan kegiatan proses menulis yang meliputi: (a) pra
menulis yang terdiri dari pengamatan ’hot spot’ (tempat menarik yang paling
disenangi siswa) sebagai kegiatan luar ruangan dan menuliskan hasil
pengamatannya kedalam ’T-Chart’ yang sudah disediakan (format lembar observasi
yang berbentuk seperti huruf ’T’), dan menulis bebas berdasarkan T-Chart, (b)
membuat rancangan awal berdasarkan hasil menulis bebas, (c) mengevaluasi dengan
melakukan penilaian sendiri dan teman, juga melalui kegiatan konferensi guru
dan siswa, dan (d) merevisi untuk menghasilkan rancangan akhir, dan (e) menulis
akhir dengan menyempurnakan tulisan dan memajang hasil proyek terakhir tersebut
di majalah dinding sekolah sebagai kegiatan publikasi.
Kata kunci: pembelajaran berbasis proyek, kemampuan menulis