By: Yerni Miss Endang Polly
Abstrak
Salah satu komponen yang menentukan keberhasilan dalam proses
pembelajaran di kelas adalah ketersediaan materi pengajaran yang berfungsi
sebagai sumber ilmu yang dapat mempermudah proses pembelajaran. Ketersediaan
materi tersebut sangat penting terutama dalam pembelajaran menulis di mana
banyak siswa menghadapi kesulitan ketika menuangkan idenya dalam tulisan. Pada
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di STKIP Santu Paulus Ruteng materi pembelajaran Writing III yang sesuai dengan silabus yang dipakai belum ada. Oleh
karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengembangkan materi
pembelajaran untuk mata kuliah Writing
III.
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan karena tujuannya adalah
untuk mengembangkan suatu produk, dalam penelitian ini adalah materi
pembelajaran mata kuliah Writing III.
Berdasarkan adaptasi model pengembangan yang dikemukakan oleh Borg and Gall
(1983:775),
beberapa langkah pengembangan dilakukan sebagai berikut. Langkah
pertama adalah proses pengumpulan informasi mengenai ketidaktersediaan materi
untuk Writing III, dilanjutkan dengan
pengembangan materi, proses validasi oleh seorang ahli dalam pengembangan
produk dan seorang ahli di bidang pembelajaran menulis, proses revisi, uji coba
pada mahasiswa semester IV Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di STKIP Santu Paulus Ruteng, proses revisi
sesudah uji coba, dan produk akhir. Dalam proses validasi ahli dan uji coba,
ada pedoman evaluasi dan catatan lapangan yang dipakai sebagai instrumen untuk
merekam masukan dari para ahli, dosen, dan mahasiswa dalam rangka perbaikan
produk tersebut. Materi pembelajaran mata kuliah Writing III yang
dikembangkan terdiri atas 7 unit dan memuat penjelasan tentang konsep dasar, model
teks, contoh, dan latihan menulis dengan menggunakan pendekatan proses. Hasil
evaluasi para ahli menunjukkan bahwa selain terdapat kelebihan dalam materi
tersebut, ada juga beberapa kelemahan yang perlu direvisi. Ketika diujicobakan,
para mahasiswa terlihat antusias mengikuti seluruh proses pembelajaran dengan
menggunakan materi tersebut. Ketika diminta pendapat mereka tentang apa yang
hendak diperbaiki dalam produk tersebut, mereka menyarankan untuk menambahkan
beberapa contoh lagi di setiap unit, dan karena itu produk direvisi seperti
yang disarankan. Oleh karena itu, sesudah melakukan revisi dari hasil validasi
ahli dan uji coba, produk akhir dapat diselesaikan seperti terlihat pada bagian
akhir dari tesis ini.
Berdasarkan hasil penelitian, ada beberapa saran yang dapat
dikemukakan sebagai berikut. Pertama, ketika akan menggunakan materi ini, dosen
Writing III disarankan untuk memperhatikan alokasi waktu karena satu unit
dialokasikan untuk 2 kali pertemuan. Pada awal pertemuan pertama, dosen
menjelaskan konsep dan model teks, kemudian diikuti oleh penulisan esei dengan
pendekatan proses termasuk kegiatan mengumpulkan ide dan penulisan draf awal.
Pada pertemuan kedua, kegiatan di kelas adalah berupa kegiatan merevisi dan
mengedit sekaligus menulis draf akhir. Untuk memonitor kemajuan siswa dalam
menulis, dosen dapat memperkenalkan penggunaan portofolio untuk merekam seluruh
aktivitas menulis dan semua draf yang dihasilkan oleh siswa. Bagi para
mahasiswa yang mengambil mata kuliah Writing
III, mereka dapat belajar sendiri dengan menggunakan materi tersebut ketika
dosen berhalangan hadir. Mereka dapat mengikuti petunjuk di dalam materi mulai
dari tujuan, konsep, model teks, latihan, dan latihan menulis dengan pendekatan
proses. Kedua, upaya untuk memperkenalkan materi ini dapat dilakukan pada awal
pertemuan kepada mahasiawa. Para dosen yang
mengajar mata kuliah Writing III juga dapat diperkenalkan pada materi
ini untuk dipakai di kelas. Sosialisasi dapat pula dilakukan kepada institusi
dalam rangka memperoleh izin penggunaan materi ini di kelas. Untuk memperbaiki
produk tersebut, uji coba yang lebih luas perlu dilakukan. Selain itu, lebih
banyak orang terutama para dosen mata kuliah Writing III perlu
dilibatkan untuk memberikan kontribusi bagi perbaikan materi tersebut. Bagi
peneliti lain dalam bidang pengembangan materi terutama menulis, penelitian ini
termasuk produk yang dihasilkan dapat dipakai sebagai rujukan dalam penelitian
mereka.
Kata kunci: pengembangan, materi pengajaran, Writing