By: Samsuddin
Abstrak
Kemampuan siswa kelas
dua MA Darul Lughah wal Karomah Kraksaan Probolinggo dalam menulis paragraf
masih kurang memuaskan. Siswa tidak mampu mengekspresikan gagasan mereka dalam
sebuah paragraf yang baik. Mereka masih membuat kesalahan dalam menulis
berkenaan dengan komposisi, isi, penggunaan bahasa, dan mekanisme. Untuk
mengatasi masalah ini, diajukan peneliti sebagai salah satu strategi yang tepat
dalam mengajarkan menulis paragraph narasi dengan menggunakan gambar seri.
Penelitian ini
bertujuan memperbaiki kemampuan siswa dalam menulis paragraph narasi dengan menggunakan gambar seri bagi
siswa kelas dua MA Darul Lughah wal
Karomah Kraksaan Probolinggo , menggunakan
penelitian tindakan kelas secara kolaboratif.
Peneliti dan kolaborator bekerja
sama dalam hal perencanaan, pengimplementasian, pengamatan tindakan dan
refleksi data yang diperoleh selama proses kegiatan belajar mengajar dan hasil
tulisan siswa. Subjek dari penelitian ini adalah 36 siswa kelas II B MA Darul
Lughah wal Karomah Kraksaan tahun ajaran 2008/2009. Penelitian ini dilakukan
dalam 2 siklus, dan setiap siklus dilaksanakan dalam 4 pertemuan.
Terindikasi bahwa
penemuan gambar seri telah memperbaiki kemampuan siswa dalam menulis paragraph
narasi. Setelah peneliti
menyelesaikan siklus pertama dan kedua, terlihat bahwa hasil siswa pada siklus
kedua meningkat. Hanya 6 dari
36 siswa (16,5%) saja yang masih mendapat skor di bawah target skor 60.
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut. Pertama, guru memberikan gambar seri
kepada kelompok-kelompok siswa yang beranggotakan empat orang. Kedua, guru
menjelaskan Simple Past, kosa kata
dari kata kerja tak beraturan dan kata benda jamak untuk membantu siswa
memecahkan masalah-masalah mereka dalam menulis paragraph narasi. Ketiga, guru menyediakan kosakata dari
kata kerja yang tak beraturan dan kata benda jamak yang disediakan dalam
lembaran kertas untuk membantu siswa menulis lebih baik.
Berdasarkan temuan di
atas, dibuatlah tiga saran. Pertama, untuk mengembangkan strategi guru dalam
menerapkan gambar seri, disarankan bahwa guru mensosialisasikannya dalam
pertemuan guru, workshop, pelatihan, atau menulis artikel yang menggunakan
strategi gambar seri dalam buku-buku siswa, atau jurnal. Kedua, dianjurkan
bahwa siswa menggunakan gambar seri sebagai salah satu strategi belajar untuk
melatih kemampuan mereka dalam menulis paragraph narasi, yang dapat dilakukan
dalam kegiatan ekstra kurikuler mereka. Ketiga, bagi peneliti mendatang,
disarankan melakukan studi semacam ini dengan subjek dan tempat yang berbeda
untuk perbaikan mengajar menulis paragraph narasi.
Kata kunci: gambar seri, kemampuan menulis