By: Syafudin Zuhri
Abstrak
Penelitian ini bertujuan
untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas satu MAN Wlingi melalui collaborative
writing strategy. Strategi ini dipilih untuk mengatasi masalah di MAN
Wlingi karena strategi tersebut dapat membimbing siswa untuk mengungkapkan ide,
untuk membuat paragraph-paragrap yang terpadu, untuk mengorganisasi ide, dan
untuk membuat kalimat-kalimat yang sesuai dengan tatabahasa. Berdasarkan penelitian pendahuluan, pengajaran di MAN Wlingi belum memfasilitasi siswa-siswa untuk menjadi
terampil dalam menulis. Mereka mempunyai masalah: (1) bagaimana untuk memulai
menulis, (2) bagaimana mengungkapkan ide (3) bagaimana membuat paragraph yang
terpadu, (4) bagaimana mengorganisasi ide secara logis, (5) bagaimana membuat kalimat-kalimat sesuai dengan tatabahasa, (6)
bagaimana untuk meningkatkan motivasi mereka dalam belajar bahasa Inggris. Oleh
karena itu, peneliti sangat termotivasi untuk mengatasi masalah tersebut dengan
menggunakan strategi collaborative writing dalam pengajaran writing karena strategi
tersebut menyuruh siswa untuk mengikuti tahapan-tahapan menulis yaitu idea generating, drafting, reading, editing,
copying, dan evaluating.
Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana strategi collaborative writing
dapat digunakan untuk meningkatkan ketrampilan siswa dalam menulis recount text dari siswa kelas satu MAN Wlingi? Berdasarkan rumusan masalah tersebut,
penelitian ini bertujuan menggunakan strategi collaborative writing untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks dalam bentuk recount.
Peneliti menggunakan
desain penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif, dengan dibantu oleh
seorang guru (rekan sejawat) dalam melaksanakan penelitian. Penelitian ini
dilaksanakan dalam satu kelas yang terdiri dari 32 siswa, yang seluruh siswanya merupakan subjek dari penelitian ini. Prosedur penelitian ni mencakup empat langkah utama: perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Untuk pengumpulan data, peneliti
menggunakan beberapa instrumen berupa kuesioner, angket, daftar
pengamatan, catatan lapangan dan tulisan siswa.
Temuan dari penelitian
ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi collaborative writing dalam pengajaran writing dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa.
Peningkatannya ditandai dengan meningkatnya rata-rata nilai siswa. Ini dapat
dilihat dari hasil masing-masing siklus. Sebelum tindakan dilaksanakan, rata-rata nilai menulis siswa 50,51. Sesudah
siklus pertama dilaksanakan, rata-rata nilai menjadi 54,40. Dan
rata-rata nilai di siklus kedua adalah 60,23.
Temuan dari penelitian
ini menunjukkan bahwa tahap-tahap
yang tepat yang digunakan untuk menerapkan strategi collaborative writing
terdiri dari langka-langkah sebagai berikut: Tahap 1 adalah idea generating.
Guru melaksanakn kegiatan-kegiatan sebagai berikut: (1) menyuruh helper
bertanya untuk merangsang ide-ide penulis (writer), (2) menyuruh penulis untuk
menulis ide-ide, (3) menyuruh helper untuk mendiskusikan atau meneliti
kata-kata pokok dan membantu untuk mengorganisasi ide-ide itu. Tahap 2 adalah drafting.
Di tahap ini, guru menyuruh murid (writer) untuk menulis draf sebagai draf yang
pertama berdasarkan ide-ide yang ditemukan dan dari hasil review dari
helper. Tahap 3 adalah reading. Guru melaksanakan kegiatan-kegiatan sebagai
berikut: (1) menyuruh murid (writer) membaca draf dan menyuruh murid (helper)
untuk mengoreksi draf itu, (2) menyuruh penulis menata kembali apa yang telah
ditulis di draf pertama dan memperbaiki ide-ide berdasarkan masukan pendapat
dari helper. Tahap 4 adalah editing, di tahap ini guru menyuruh siswa
mengedit draf mereka di bagian content, organazation, vocabulary, grammar,
dan mechanic. Tahap 5 adalah copying. Di tahap ini guru menyuruh
murid (writer) menulis draf yang paling baik. Tahap 6 adalah evaluating. Guru
melaksanakan kegiatan sebagai berikut: (1) mengadakan konferensi untuk
mendiskusikan masalah yang dihadapi oleh kelas agar dapat mengurangi
kesalahan-kesalahan murid, (2) mengevaluasi karangan murid-murid dengan
menggunakan analytic scroring rubric dan memberi komentar pada kesalahan
itu.
Berdasarkan keefektifan implementasi strategi collaborative writing pada pengajaran writing, disarankan pada guru Bahasa
Inggris untuk menerapkan strategi collaborative
writing, khususnya pada pengajaran writing. Kepada para peneliti di masa mendatang, khususnya yang
berminat pada penerapan pendekatan strategi
collaborative writing dalam
penelitian kelas mereka, disarankan untuk menindak lajuti penelitian yang
berkenaan dengan penggunaan collaborative writing strategy. Collaborative
writing srategy dapat digunakan untuk mengajar jenis genre-genre yang berbeda dari berbagai tingkat
pendidikan mulai SMP sampai SMA.
Kata kunci: teks recount, kemampuan menulis, menulis secara kolaboratif