By: Moh. Rodli
Abstrak
Membaca adalah salah
satu keterampilan bahasa yang membantu keberhasil dalam belajar bahasa.
Sehingga, membaca adalah salah satu ketrampilan bahasa inggris yang dianggap
penting dalam pertumbuhan siswa dalam berbagai aspek kehidupan. Berdasarkan
pertimbangan pentingnya membaca, membaca diajarkan lebih banyak dari pada
ketrampilan bahasa yang lain, waluapun membaca diajarkan lebih banyak daripada
keterampilan bahasa yang lain, namun kemampuan memahami bacaan siswa masih
belum memuaskan.
Berdasarkan hasil dari
studi pendahuluan, pengajaran membaca di MAN Mojokerto tidak memfasilitasi
siswa dalam menguasai ketrampilan membaca. Keterampilan siswa dalam membaca
adalah belum memadai. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk
meningkatkan kemampuan siswa dalam pemahaman membaca dengan menggunakan
strategi PQ4R Dalam kegiatan PQ4R strategi, siswa diberi tugas untuk memahami
sebuah teks dengan menggunakan prosedur PQ4R, yaitu preview(preview), question
(bertanya), read (membaca), reflect (merefleks)i, recite
(membaca nyaring), dan review (mereview)
Penelitian ini menggunakan
rancangan penelitian tindakan kelas kolaboratif, yaitu kolaborasi antara
peniliti dengan guru yang berkerjasama untuk mengembangkan prosedur strategi
PQ4R yang sesuai, membuat rencana pengajaran, menentukan kriteria kesuksesan
belajar, melakukan tindakan, mengamati dan melakukan refleksi. Subjek
penelitian ini adalah 42 siswa kelas X-10 MAN Mojokerto tahun pelajaran
2008-2009. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang setiap siklusnya terdiri
dari dua kali pertemuan.
Data dalam penelitian
ini diperoleh melalui (1) lembar observasi, untuk memperoleh informasi tentang
kegiatan dan penampilan guru dan siswa selama pelaksanaan strategi PQ4R, (2)
catatan lapangan digunakan untuk mencatat data yang tidak terdapat pada lembar
observasi, dan (3) tes pemahaman membaca, digunakan untuk mengidentifikasikan
apakah siswa sudah memperoleh kemajuan dalam pemahaman membaca.
Penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan strategi PQ4R dalam
pembelajaran pemahaman membaca adalah dapat meningkatkan kemampuan pemahaman
membaca siswa. Itu dapat diidentifikasi bahwa ada peningkatan nilai pemahaman
membaca yang signifikan setelah pelaksanaan dari tindakan di setiap siklusnya.
Di siklus ke-1 jumlah siswa yang memperoleh nilai lebih besar atau sama dengan
65 hanya 25 dari 42 siswa atau 59,52%. Itu adalah belum memenuhi kriteria
keberhasilan. Di siklus ke-2, jumlah siswa yang memperoleh nilai sama dengan
atau lebih besar dari 65 adalah34 dari 42 siswa atau 80,45%. Hasil tersebut
adalah telah memenuhi kriteria sukses dari penelitian ini. Lebih lanjut, siswa terlihat aktif dalam berbagi
pendapat, mempreiview atau meninjau bacaan, menjawab pertanyaan, membaca,
merefleksikan, mendiskusikan dan mereview sebuah teks atau bacaan selama proses
belajar mengajar dengan menggunakan strategi PQ4R.
Berdasarkan temuan dari
penelitian ini, disarankan kepada para guru untuk menggunakan strategi PQ4R
sebagai salah satu strategi alternatif dalam pengajaran pemahaman membaca di
dalam kelas. Siswa juga direkomendasikan untuk menggunakan strategi PQ4R
sebagai strategi belajar dalam pemahaman membaca yang dapat mereka lakukan pada
jenis-jenis teks yang lain. Untuk peneliti yang lain, temuan dari penelitian
ini dapat digunakan sebagai referensi untuk peneliti yang tertarik dalam
melaksanakan riset di bidang yang sama.
Kata kunci: meningkatkan, pemahaman membaca, strategi PQ4R