By: Pryla Rochmah Wati
Abstrak
Menulis adalah salah satu keahlian yang mendukung kesuksesan dalam
pembelajaran bahasa. Akhir-akhir ini, pembelajaran menulis sering diabaikan.
Permasalahan utama yang dihadapi oleh guru bahasa Inggris adalah bagaimana
memotivasi siswa untuk menulis materi yang menyenangkan. Oleh karena itu,
kemampuan dalam menulis paragraf masih jauh dari yang diharapkan.
Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan kemampuan siswa kelas delapan MTs Muhammadiyah 1 Jombang dalam
menulis teks deskriptif dengan menggunakan strategi “Put Yourself in the
Picture”. Strategi ini dipilih karena dapat menuntun siswa dalam menuangkan ide
ke dalam sebuah tulisan dengan cara menempatkan dirinya dalam sebuah gambar. Masalah
dalam penelitian ini adalah ‘Bagaimana strategi “Put Yourself in the Picture”
dapat dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks deskriptif siswa
kelas dua MTs Muhammadiyah 1 Jombang?’
Untuk mencapai tujuan
tersebut, penelitian tindakan kelas diimplementasikan dengan 4 langkah, yaitu
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah
15 siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 1 Jombang tahun pelajaran 2008/2009.
Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri atas tiga
pertemuan. Data penelitian dikumpulkan melalui beberapa instrumen yaitu
lembar observasi, catatan lapangan, kuisioner dan porto folio. Data yang terkumpul dianalisis untuk
memperoleh hasil penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahapan dalam penerapan
strategi “Put Yourself in the Picture” yang sesuai dalam pengajaran menulis
meliputi langkah-langkah berikut: (1) mengarahkan siswa kepada topic yang akan
dibahas dengan memberikan pertanyaan dan gambar (2) memperkenalkan strategi dan
membagikan gambar dan lembar kerja kepada siswa, (3) meminta siswa untuk
bekerja dalam kelompok, (4) menjelaskan kepada siswa tentang tugas mereka di
dalam kelompok, (5) meminta siswa untuk menempatkan dirinya dalam gambar dan
menjawab pertanyaan “Apa yang dapat kamu lihat dalam gambar?” dan “Apa yang
dikerjakan oleh orang-orang yang ada dalam gambar?” (6) meminta siswa untuk
membuat kalimat berdasarkan daftar yang dibuat sebelumnya, (7) memberikan dan
menjelaskan suatu model teks deskriptif beserta ciri-ciri kebahasaannya (Simple
Present Tense, Preposition) kepada siswa sebelum mereka menulis draf kasar, (8)
meminta siswa untuk menulis draf kasar (9) meminta siswa bekerja dalam kelompok
untuk mendiskusikan draf dan merevisi draf teman mereka, (10) meminta siswa
untuk melakukan konfrensi kecil dengan gurunya dan (11) meminta siswa untuk
mengedit draf kasar sebagi rujukan dalam menulis karangan akhir mereka.
Hasil penelitian ini juga
menunjukkan bahwa strategi “Put Yourself in the Picture” telah terbukti efektif
untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas 2 MTs Muhammadiyah 1 Jombang dalam
menulis deskriptif teks. Peningkatan itu ditandai oleh peningkatan nilai
rata-rata menulis siswa dari 46.22 pada tugas awal, 54.53 pada siklus pertama,
menjadi 68.00 pada siklus kedua. Di samping itu, siswa antusias, bersemangat,
dan terlibat aktif dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan strategi
“Put Yourself in the Picture”.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa strategi
“Put Yourself in the Picture” tidak hanya efektif dalam meningkatkan kemampuan
menulis siswa namun juga dalam meningkatkan partisipasi siswa dalam proses
pembelajaran. Oleh karena itu,
disarankan kepada guru Bahasa Inggris untuk menerapkan strategi “Put Yourself
in the Picture” yang bermanfaat dalam memeberikan kemudahan bagi siswa untuk
menentukan ide dalam membuat tulisan. Akhirnya, disarankan agar
penelitian-penelitian selanjutnya difokuskan pada pengajaran menulis teks
deskriptif di jenjang yang berbeda misalnya pada Sekolah Dasar dan teks naratif
dan diterapkan pada genre yang
berbeda misalnya teks naratif dan recount
(jenis teks).
Kata kunci: strategi “Put Yourself in the Picture”, kemampuan menulis, teks
diskriptif