Abstrak
Penelitian ini
dilaksanakan berdasarkan pada permasalahan yang dialami oleh peneliti sebagai
guru Bahasa Inggris di MTs Negeri Planjan Kesugihan Cilacap. Berdasarkan hasil stui pendahuluan
siswa kelas VIII MTs Negeri Planjan Kesugihan Cilacap, menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks
narrative siswa kelas VIII E masih kurang memuaskan dan siswa mempunyai
motivasi yang rendah dalam proses belajar dan mengajar. untuk mengatasi masalah
tersebut peneliti menggunakan film teknik. Teknik ini dipilih karena dapat merangsang siswa untuk lebih
aktif dalam kegiatan menulis
sehingga kemampuan menulis mereka dapat meningkat. Rumusan masalah dari
penelitian ini adalah “Bagaimana film bisa meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis siswa MTs Negeri
Planjan Kesugihan Cilacap dalam menulis paragraph narrative?”.
Penelitian ini
menggunakan desain penelitian tindakan kelas secara kolaborasi. Dalam
penelitian ini, peneliti dan kolaborator bekerja sama dalam menyusun rencana
pelajaran, mengimplementasikan tindakan, mengamati tindakan, dan melakukan refleksi.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII E pada MTs Negeri Planjan Kesugihan Cilacap tahun ajaran 2008-2009. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan mengikuti prosedur
penelitian tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Prosedur penerapan
media film dalam pembelajaran
menulis pada penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) mengawali
pelajaran dengan ice breaking,(2) mengelompokan
anak-anak dengan cara memberi daftar kata kunci.(3) menyuruh anak-anak duduk berkelompok,
terdiri dari empat sampai lima
orang setiap kelompoknya,(4) menyuruh anak-anak untuk membaca daftar kata
dipandu oleh , (5). menampilkan gambar sesuai dengan tema , (6) menapilkan
model teks, (6) menayangkan narrative film pendek secara lambat atau bahkan
berhenti pada bebarapa kejadian dan mengisi narrative
chart berkelompok, (8) Siswa menjawab pertanyaan bersama anggota
kelompoknya, (9) Siswa mengembangkan draft berdasarkan jawaban-jawaban pada
pertanyaan, (10) Siswa diminta untuk merevisi dan mengedit draft yang telah
mereka buat, (11) Siswa diberi kesempatan untuk menampilkan karya tulisnya,
Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa strategi
ini dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis paragraf narrative. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari
nilai tes rerata siswa
pada siklus 1,dan siklus 2.Nilai rerata siswa pada sikulus 1 adalah 61dan pada siklus 2 menjadi 72. Selain itu film juga mampu meningkatkan keaktifan dan
motivasi siswa selama pembelajaran menulis. Hal ini dapat dilihat dari prosentase
keterlibatan siswa pada siklus1 yaitu 63% dan 70% pada siklus 2. Berkaitan
dengan response siswa, 86% menyatakn termotivasi pada siklus 1 dan 87% pada
siklus 2.
Berdasarkan
temuan di atas, beberapa saran dikemukakan.Bagi guru bahasa inggris, untuk
menerapkan media film dalam mengajar menulis. Kepada pihak sekolah untuk
menyediakan media pembelajaran seperti halnya computer dan LCD proyektor
Ketiga, bagi peneliti mendatang, disarankan melakukan studi semacam ini dengan
ketrampilan dan type teks yang berbeda.
Kata kunci: films, kemampuan menulis, paragraph narrative