Abstrak
|
Ada
empat masalah utama dalam pengajaran menulis di Program Studi Pendidikan Bahasa
Inggris Universitas Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Masalah tersebut
berhubungan dengan keterbatasan sumber materi cetak, kegiatan yang terpusat
pada guru, pembaca tulisan mahasiswa, dan timbal balik terhadap tulisan
mahasiswa. Keempat masalah ini kemudian mempengaruhi mahasiswa dalam menulis
Bahasa Inggris, khususnya menulis esai akademik. Oleh sebab itu, penelitian ini
mencoba memecahkan masalah dalam pengajaran menulis. Penggunaan blog
dimaksudkan untuk membantu mahasiswa memperbaiki keterampilan menulis mereka
dalam mengembangkan esai percontohan. Blog digunakan sebagai strategi dalam
penelitian ini karena blog adalah sumber potensial untuk pembelajaran bahasa,
blog cocok untuk mahasiswa, blog adalah pembelajaran otentik, dan blog praktis
digunakan.
Penelitian ini dilaksanakan pada mahasiswa Menulis 3 di Program
Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Palangka Raya. Rancangan penelitian
ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini memiliki 2 siklus.
Pada siklus pertama, perbaikan keterampilan menulis mahasiswa tidak menunjukkan
kemajuan berarti. Hanya ada 3 mahasiswa yang memiliki skor 2 atau 3 poin untuk
semua sub-kriteria dalam rubrik penilaian. Jadi, siklus pertama tidak memenuhi
kriteria keberhasilan. Kegagalan strategi dalam memperbaiki kemampuan menulis
mahasiswa pada siklus pertama terdapat pada kekurangan waktu, kesulitan dalam
mengungkapkan ide, dan keraguan dalam menggunakan kosa kata yang sesuai dan
tata bahasa Inggris yang tepat. Setelah strategi diperbaiki berdasarkan
temuan-temuan selama pelaksanaan siklus pertama, mahasiswa pun menunjukkan
perbaikan dalam mengembangkan esai percontohan. Ada 16 mahasiswa yang memiliki skor 2 atau 3
poin untuk semua sub-kriteria di rubrik penilaian. Angka ini menunjukkan 80%
dari jumlah keseluruhan mahasiswa, dan ini berarti kriteria keberhasilan telah
dicapai.
Berdasarkan temuan-temuan pada kedua siklus, peneliti mengambil
kesimpulan untuk keefektifan penerapan strategi blog. Pertama, dosen dan
mahasiswa harus mendaftar di blog untuk dapat berpartisipasi dalam kegiatan
blog. Kedua, mahasiswa harus menggunakan mesin pencari untuk menemukan situs
jejaring atau blog yang berkenaan dengan topik tulisan mereka. Ketiga,
mahasiswa juga harus memeriksa situs jejaring tata bahasa dan kamus Bahasa
Inggris selama proses menulis untuk meyakinkan struktur kalimat dan pilihan
kata. Keempat, dosen dan mahasiswa harus memberikan komentar, pembenaran, dan
saran kepada blog mahasiswa.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat mengilhami guru Bahasa
Inggris dalam memanfaatkan teknologi di dalam ruang kelas, mahasiswa yang
berlatih keterampilan berbahasa melalui aplikasi internet, dan peneliti lain
untuk melakukan penelitian serupa yang bertujuan meningkatkan keterampilan
mahasiswa tidak hanya dalam menulis, tetapi juga dalam menyimak dan membaca.
Kata kunci: blog, keterampilan menulis, esai percontohan