By: Muhsin
Abstrak
Bahasa Inggris secara resmi
dan wajib diajarkan di sekolah-sekolah di Indonesia. Mata pelajaran wajib yang
diajarkan di SMP dan di SMA, dan mata kuliah Membaca lebih khusus diajarkan di
tingkat universitas. Program Studi Bahasa Inggris FKIP Universitas Tadulako
menawarkan mata kuliah Membaca Pemahaman yang dibagi menjadi Membaca I, Membaca
II, Membaca III, Membaca IV, dan Membaca Ekstensif. Penelitian ini dilaksanakan
pada mata kuliah Membaca Pemahaman II Kelas B tahun akademik 2008/2009.
Dari proses pengajaran
Membaca Pemahaman berdasarkan data awal sebelum penelitian, masalah-masalah
berpusat pada: (1) rendahnya pencapaian mahasiswa dalam membaca pemahaman. (2)
kesulitan mahasiswa dalam memahami teks. (3) kegiatan membaca dimonopoli oleh
sebagian kelompok mahasiswa yang berkemampuan baik. (4) strategi yang
diterapkan oleh dosen lebih terpusat pada dosen itu sendiri.
Penelitian ini
dirancang untuk memperoleh informasi bagaimana Strategi Pengajaran Resiprokal
(RT) dapat memperbaiki kemampuan pemahaman membaca mahasiswa.
Dalam pemahaman
membaca khususnya diarahkan untuk mengamati pelaksanaan Strategi RT dan
sekaligus memperbaiki kemampuan pemahaman membaca mahasiswa dengan menggunakan
model pengajaran Strategi RT. Pada khususnya, penelitian ini dimaksudkan untuk
memperbaiki kemampuan pemahaman membaca mahasiswa pada Program Studi Pendidikan
Bahasa Inggris FKIP Universitas Tadulako Palu melalui Strategi RT.
Penelitian ini
dilaksanakan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas kolaborasi
(PTK) yang terdiri dari perencanaan (merancang prosedur pengajaran untuk
menerapkan strategi Pengajaran Resiprokal, merancang rencana pembelajaran,
menyiapkan materi pengajaran dan instrumen, dan menetapkan kriteria
keberhasilan), melaksanakan rencana kegiatan, mengamati kegiatan, dan merefleksi
hasil kegiatan. Penelitian ini telah dilaksanakan dalam dua siklus, setiap
siklus terdiri dari tiga pertemuan dan pertemuan ketiga dilaksanakan untuk
memberikan tes membaca pemahaman dengan menggunakan strategi Pengajaran
Resiprokal. Dalam melaksanakan penelitian ini, peneliti bekerjasama dengan
salah seorang dosen Membaca Pemahaman pada Program Studi Pendidikan Bahasa
Inggris FKIP Universitas Tadulako.
Penerapan strategi RT
meliputi enam komponen: (1) memprediksi (berguna untuk memberikan konsep yang
kuat dan mengaktifkan pengetahuan awal mahasiswa), (2) mengklarifikasi (langkah
yang dilaksanakan oleh peneliti yang bertujuan menambah kosakata mahasiswa),
(3) bertanya (langkah yang mengarahkan mahasiswa untuk membuat pertanyaan
sesuai dengan bacaan), (4) meringkas (langkah yang mengarahkan mahasiswa untuk
menyatakan ide yang sesuai bacaan dengan menulis dalam bentuk satu paragraf),
(5) bekerja kelompok (berguna untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa).
Selama bekerja kelompok mahasiswa dibimbing oleh dosen untuk menerapkan
strategi RT, dan (6) pemberian tes (praktik mandiri yang menggunakan strategi
RT yang mana mahasiswa diharapkan dapat menerapkan strategi secara individu dan
mandiri).
Hasil penelitian
menunjukkan pencapaian mahasiswa dalam tes membaca pemahaman setelah mereka
menyelesaikan dua pertemuan penerapan strategi RT adalah 67% dari mahasiswa
dalam kelas memperoleh nilai ≥80. Hal ini berarti bahwa terdapat
sekitar dua puluh mahasiswa yang memperoleh nilai ≥80. Respon
mahasiswa pada siklus 1 adalah 97% dari jumlah mahasiswa aktif dalam kegiatan
pembelajaran menggunakan strategi RT, kemudian pada siklus 2 respon mahasiswa
adalah 100%. Hal ini berarti bahwa
mahasiswa aktif dalam kelas resiprokal membaca pemahaman. Maka dapat
disimpulkan bahwa penerapan strategi RT dalam membaca pemahaman efektif
menyelesaikan masalah mahasiswa.
Dengan hasil penelitian
yang baik maka disarankan kepada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa
Inggris FKIP Universitas Tadulako agar membiasakan berdiskusi dan berbagi ide
dengan teman-temannya ketika mengalami masalah dalam pembelajaran. Disarankan
juga kepada dosen mata kuliah Membaca Pemahaman yang ingin menerapkan strategi
RT, agar melaksanakan tiga tahap dalam pengajaran sambil memberikan perbaikan
terhadap pekerjaan mahasiswa. Terakhir, disarankan kepada peneliti berikutnya
agar melaksanakan penelitian di tingkat mahir membaca pemahaman seperti membaca
kritis, membaca kreatif, dan membaca ekstensif.
Kata kunci: strategi pengajaran resiprokal, meningkatkan, pemahaman membaca