By: Roudlatul Hasanah
Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam
menulis teks prosedur dengan menggunakan strategi gambar berseri. Berdasarkan pengamatan pada siswa kelas IX E
MTsN Malang III, menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas
IX masih kurang memuaskan, nilai rata-rata mereka hanya 50.3, dan siswa
mempunyai motivasi yang rendah untuk berpartisipasi dalam kegiatan menulis.
Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dalam
hal ini, peneliti dibantu oleh guru bahasa Inggris dalam mengobservasi proses
belajar mengajar. Penelitian ini diadakan dalam dua siklus. Subyek penelitian
ini adalah siswa kelas IX E MTsN Malang III. Instrumen penelitian ini adalah hasil
tulisan siswa, checklist pengamatan,field note dan kuesioner. Kriteria
kesuksesan penelitian ini adalah peningkatan nilai menulis siswa, partisipasi
aktif dan respon mereka dalam proses belajar mengajar. Kriteria kesuksesan
tercapai jika 60% siswa mendapatkan nilai 70, dan jika 60% siswa berpartisipasi
aktif dalam proses belajar mengajar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dengan penerapan strategi
gambar berseri, kriteria kesuksesan tercapai pada siklus kedua. Sebanyak 71.70%
total siswa yang memperoleh nilai lebih dari 70 dan sebanyak 82.3% siswa
berpartisipasi aktif dalam proses belajar mengajar serta 84.7% siswa merespon
positif terhadap penerapan gambar berseri. Prosedur dari strategi gambar
berseri yang efektif adalah (1) menunjukkan gambar kepada siswa, (2) bertanya
mengenai gambar, (3) memberikan kosakata kunci yang berkaitan dengan gambar
,(4) memberikan dan mendiskusikan contoh teks prosedur, (5) mempertunjukkan
gambar acak, (6) meminta siswa untuk mengurutkan gambar, (7) menulis kalimat
sesuai dengan gambar, (8) merevisi tulisan ditekankan pada konten, organisasi
dan struktur tulisan, (9) mengedit tulisan ditekankan pada konten, organisasi
dan struktur tulisan. Dapat disimpulkan bahwa strategi gambar berseri telah
terbukti mampu meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur.
Penelitian ini diakhiri dengan pemberian saran-saran. Untuk
guru-guru bahasa Inggris MTs, mereka diharapkan menggunakan strategi gambar
berseri sebagai strategi alternatif dalam mengajar untuk meningkatkan kemampuan
menulis siswa. Bagi peneliti yang lain, mereka diharapkan untuk mengadakan
penelitian tentang gambar berseri untuk keterampilan berbahasa yang lain.
Kata kunci: pengajaran menulis, teks prosedur, strategi gambar berseri