By: Muslih
Abstrak
Membaca merupakan salah satu dari keterampilan berhahasa yang
harus diajarkan kepada murid-murid Sekolah Menengah Atas dalam pelajaran Bahasa
Inggris. Melalui proses belajar mengajar membaca, para siswa diharapkan mampu
memahami teks bacaan yang mereka baca. Akan tetapi berdasarkan study
pendahuluan ditemukan bahwa siswa siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Temanggung
masih mengalami kesulitan dalm menemukan gambaran umum dari suatu bacaan,
menemukan informasi tertentu, menemukan pokok pikiran serta menemukan informasi
yang tersurat dan tersirat. Keadaan ini disebabkan oleh beberapa faktor
seperti; rendahnya motivasi siswa dalam belajar Bahasa Inggris, terbatasnya
jumlah kosakata bahasa Inggris yang mereka kuasai, kurangnya kemampuan siswa
dalam menguasai keterampilan membaca, serta teknik mengajar yang kurang
vareatif. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kemampuan mebaca siswa, penerapan
sebuah metode atau strategi yang tepat dalam kegiatan belajar mengajar membaca
sangatlah diperlukan. Dalam hal ini Guided
Reading and Summarizing Procedure atau disingkat GRASP diterapkan untuk
mengatasi masalah yang berkaitan dengan kemampuan memahami bacaan.
Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan memahami
bacaan para siswa kelas XI MAN Temanggung Jawa Tengah. Masalah utama yang mesti
dicari solusinyanya adalah “Bagaimana Strategi GRASP dapat meningkatkan
kemampuan memahami bacaan siswa kelas XI MAN Temanggung?” Jawaban atas
pertanyaan tersebut adalah bahwa dengan menerapkan dan mengadaptasi Strategi
GRASP yang terdiari dari 4 langkah, kemampuan memahami bacaan para siswa kelas
XI MAN Temanggung dapat ditingkatkan. Sementara penelitian ini dikhususkan pada
Analytical dan Hortatory Exposition text sebagai text type atau jenis-jenis text
yang harus diajarkan kepada siswa siswi kelas dua Sekolah Menengah Atas.
Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakn
secara berkolaborasi atau bekerjasama dengan guru bahasa inggris yang mengajar
dikelas yang dijadikan sebagai subyek penelitian. Subyek penelitian ini adalah
siswa kelas XI Bahasa 2 MAN Temanggung semester kedua pada tahun ajaran
2008/2009. Penelitian ini dilakukan melalui beberapa siklus yang terdiri dari
kegiatan yang meliputi, kegiatan pendahuluan (Preliminary study), Perencanaan (Planning), Pelaksanaan (Implemanting)
sekaligus Pengamatan (Observing) dan
Refleksi (Reflecting) yakni melakukan
analisa hasil penelitian untuk menentukan apakah criteria keberhasilan sudah
tercapai atau belum. Ada 2 macam criteria yang ditetapkan untuk menentukan
bahwa penelitian dianggap berhasil yaitu nilai rata-rata kemampuan membaca
siswa meningkat dari 56.00 pada saat preliminary
study menjadi 73.31 pada akhir siklus kedua, dan siswa terlibat aktif dalam
kegiatan belajar mengajar.
Berdasarkan penemuan dari penelitian ini, guru-guru bahasa Inggris
disarankan untuk menerapkan strategi GRASP dalam kegiatan belajar megajar
membaca karena strategi GRASP terbukti dapat meningkatkan kemampuan memahami
bacaan para siswa. Para peneliti yang akan
datang disarankan untuk menerapkan Strategi GRASP kepada siswa siswi kelas X
ataupun kelas XII dan juga disarankan untuk menerapkan strategi tersebut untuk
beberapa jenis text yang lain seperti
review, report, descriptive text dan
lain-lain.
Kata kunci: meningkatkan, pemahaman membaca, strategi “GRASP”